background

Jurnal

Puasa Sehari Menghapuskan Dosa Setahun, Begini Keutamaan Puasa Muharram Kata Ustadz Khalid Basalamah Hafizhahullah
kategori 1.A.1
Monday, 24 July 2023 09:28 By: Admin 1503

Puasa Sehari Menghapuskan Dosa Setahun, Begini Keutamaan Puasa Muharram Kata Ustadz Khalid Basalamah Hafizhahullah

Puasa Sehari Menghapuskan Dosa Setahun, Begini Keutamaan Puasa Muharram Kata Ustadz Khalid Basalamah Hafizhahullah



Ustadz Khalid sedang mengisi ceramah di salah satu rumah jamaah. (Foto: Tangkapan layar Youtube)

 

Jakarta - Bulan Muharram memang memiliki keutamaan sendiri, bahkan bulan Muharram disebut sebagai bulan Allah. Benarkah jika kita puasa sehari saja dalam bulan Muharram, maka dosa kita selama setahun atau 365 hari yang lalu akan dihapus oleh Allah? Begini kata Ustadz Khalid Basalamah.

Ustadz Khalid Basalamah yang memiliki nama lengkap Prof. Dr. Khalid Zeed Abdullah Basalamah, Lc. M.A. dalam ceramahnya di kanal youtube Khalid Basalamah Official mengatakan, https://www.youtube.com/watch?v=jZ0F7djXy7I ”Tanggal 9 dan tanggal 10 adalah sunnahnya kita puasa dua hari. Nabi ﷺ memerintahkan kita puasa di hari Tasu’a dan Asyura. Tasu’a diambil dari kata-kata tis’a yang berarti sembilan, dan ini dimaksudkan adalah sembilan Muharram. Asyura dari kata-kata ‘asyr yang berarti sepuluh Muharram.”

Lebih lanjut Ustadz Khalid menjelaskan, “Landasan hukumnya puasa hari ‘Asyura sepuluh Muharram adalah, satu bulan setelah Dzulhijjah tadi ya. Ada seorang sahabat datang kepada Nabi ﷺ lalu berkata, “Ya Rasulullah tepatnya 10 Muharram habis shalat dhuha waktu itu, orang-orang Yahudi lagi puasa ni!? hari begini orang Yahudi puasa. Kata Nabi ﷺ coba tanya, kumpulin informasi kenapa mereka puasa?”, keluarlah sahabat ini keliling mencari informasi lalu kembali lagi mengatakan.” Ungkap Ustadz Khalid menirukan.

“Orang-orang Yahudi jawabannya, ya Rasulullah, mereka puasa karena merasa hari ini sepuluh ‘Asyura, sepuluh Muharram ini adalah hari di mana Allah selamatkan Musa dari kejaran Fir’aun, mereka puasa sebagai tanda syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.”

“Kata Nabi ﷺ kami orang Islam lebih pantas menghormati Musa daripada mereka, lalu beliau memerintahkan untuk puasa.” Ini landasan hukum kenapa puasa hari ‘Asyura. Fadilahnya ada di hadist Bukhori Muslim, kata Nabi Shallallahu’alaihi wa  sallam beritanya apa fadhilah-nya ya Rasulullah? kalau kami puasa satu hari ‘Asyura? kata Beliau ﷺ bisa mengampuni dosa-dosa tiga ratus enam puluh lima (365) hari ke belakang atau satu tahun ke belakang.” Pungkas Ustadz Khalid Basalamah pemilik Ajwad Resto di kawasan Condet Raya Jakarta Timur ini. 

 

Gazwah.com 

×