background

Jurnal

Tim Gugus Tugas Covid 19 Ucapkan Terima Kasih kepada Ustadz Khalid Basalamah.
Khalid Basalamah
Friday, 01 January 2021 09:50 By: Admin 136

Tim Gugus Tugas Covid 19 Ucapkan Terima Kasih kepada Ustadz Khalid Basalamah.

Tim Gugus Tugas  Covid 19 dari BNPB mengucapkan terimakasih kepada Ustad Khalid Basalamah karena sudah mengajak seluruh jamaah untuk mematuhi protokol kesehatan/ Prokes dari Pemerintah yang menjadi tanggung jawab Gugus Tugas Covid 19 BNPB dalam memutus  mata rantai penyebaran Covid -19 di Indonesia. Hal ini disampaikan Muhamad  Hidayat  selaku Team Komunikasi  Publik Satgas Covid 19 dan Prof. Wiku Adisamito selaku ketua tim pakar dan jubir pemerintah untuk satgas covid 19 BNPB di acara zoom talkshow interaktif Sosialisasi Penanganan Covid-19 pada 18 Desember 2020 lalu .

Prof.  Wiku Adisamito  menilai, ajakan Ustadz Khalid Basalamah kepada para jamaah untuk tetap menjaga protokol kesehatan seperti melakukan 3M yakni  Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, serta tidak berkerumun dan tetap menjaga pola hidup sehat disaat pandemi seperti ini  kepada seluruh jamaah, ini sangat membantu Team Gugus Tugas Covid 19 BNPB.

Sementara saat di singgung soal kondisi usaha dan dakwah saat pendemi oleh Muhamad  Hidayat  dari Team Komunikasi  Publik Satgas Covid 19,  Ustad Khalid Basalamah menjelaskan “para jamaah yang terdaftar di youtube tidak kurang dari 1,5 juta folower, dan 2,1 juta di instgram, kami selalu beri informasi membantu pemerintah mensosialisasikan begitu pentingnya peduli terhadap covid 19, sekaligus menepis anggapan negative sebagian orang tentang adanya dan bahaya covid 19”.

Lebih lanjut Ustadz Khalid basalam menjelaskan,” jika sebelum covid 19, pengajian tatap muka bersama jamaah 4 sampai 5 kali pertemuan sehari dengan tempat yang berbeda. Namun setelah covid 19 mulai mewabah di Indonesia pada bulan maret 2019, pengajian tidak berhenti dan dakwah harus tetap berjalan berlih menjadi online”.

“Kalau di pengajian dakwah secara khusus lebih banyak di online, dan Alhamdulillah kita lakukan setiap harinya walau pun secara volume lebih sedikit jika dibandingka sebelum covid 19. Daimasa pandemi ini 1 sampai 2 kali pengajian saja on line, di waktu yang kira-kira kita nilai teman-teman bisa mengikutinya seperti di siang hari di jam 13:00 sampai jam 14:00, atau lepas ashar seperti ini kurang lebih jam 16:00 sampai jam 17:00, terkadang  juga ada waktu tertentu di malam hari”.

Lebih lengkap ustad Khalid menjelaskan “Alhamdulillah respon tetap baik dalam masalah dakwah karena orang lebih banyak waktu di rumah dan mereka akhirnya kembali kepada media sosial”. 

Saat di tanya soal bisnis, Ustad Khalid Basalamah memaparkan “Kalau masalah bisnis kami mengikuti instruksi pemerintah, di restoran misalnya, di masa PSBB pada saat awal betul-betul harus tutup maka kami tutup total. Kemudian pada saat itu kesempatan kami benahi manajemen secara internal dan juga kami bersih-bersih.  Disini restoran segala sesuatu kita bersihan, dicuci yang bisa dicuci, dibersihkan, disemprot, disinfectan Dan pada saat sudah terbuka kesempatan untuk membuka restoran secara dine in maka kami pun mengatur jarak antara pengunjung dan juga ada standar protokol kesehatan, kita siapkan cuci tangan di depan resto (di parkiran) kami siapkan, kemudian juga di tes suhu, kemudian kita anjurkan seluruh yang masuk mereka berjaga jarak dan juga memakai masker, kecuali pada saat akan makan maka itu adalah hak pribadi, insyaAllah, tetapi setelah itu mereka bisa bekerja sama”.

Ustad Khalid Basalamah menambahkan “saya bersyukur pada Allah, selama ini saya lihat respon di masyarakat yang berinterasi bersama kami baik di dakwah ataupun di bisnis berjalan dengan baik”. 

Diakhir acara Ustadz Khalid Basalamah menyampaikan “Apa kewajiban umat isalam dalam memerangi covid 19. Ya taat sama pemerintah, dan kita punya history dari Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam dalam menghadapi wabah agar terhindar dari penyakit  yang mematikan seperti penyakit Pes” beliau pun mendoakan agar seluruh warga Indonesia bisa terhindar dari covid 19 dan pemerintah dapat kemudahan dalam menangani covid 19 yang sampai saat ini belum reda”.

Sementara itu Ketua Bidang Perubahan Prilaku Satgas Covid 19 BNPB Dr. Sonny B. Harmadi SE,ME mengungkapkan,”Sungguh menyejukan dan dukungan dari ulama sangat penting, kebiasaan berkumpul adalah sesuatu yang biasa, namun di tengah pandemi bisa berubah. Biasa bertemu bersalaman, kini menjaga jarak, kini memakai masker. Keyakinan hanya bisa di pengaruhi oleh tokoh-tokoh penting salah satunya tokoh agama dan alim ulama. 

Ini sudah di contohkan sangat baik oleh Ustadz Khalid  Basalamah terkait bagaimana menjaga prokes di tengah covid 19. Menjadi teladan bagi para jamaah. Berharap semakin patuh masyarakat pada kedisiplinan kolektif prokes guna mengakhiri pandemi covid 19. Peran Ustadz Khalid Basalamah menjadi sangat penting dalam mendorong perubahan prilaku di masyarakat melalui akun youtube dan instgramnya pada jamaah”.

Rekaman acara zoom talkshow interaktif Sosialisasi Penanganan Covid-19 bisa di lihat di : https://www.youtube.com/watch?v=WiP8XCg6Pa0&t=1126s

Roil-Info Gazwah

 

×